Asah Skill Sepak Bola dan Karakter Positif Anak Lewat Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022

4 komentar

Berbekal sepatu bola seharga 30.000 hingga pernah menjual pakaian untuk bertahan hidup di Jakarta, seorang anak laki-laki dari keluarga sederhana tumbuh jadi atlet sepak bola yang pemberani, baik hati, tangguh, dan percaya diri. Kekuatan mental yang terbentuk dalam karakter diri anak laki-laki ini sukses membawanya terbang ke akademi sepak bola Liverpool dan saat ini menjadi bagian dari Timnas Indonesia."

Biskuat Academy 2022
Sumber gambar: Biskuat Academy, diedit dengan Canva

Halo Sobat Jurnal Bermain! Anak laki-laki dengan karakter pemberani, baik hati, tangguh, dan percaya diri itu adalah Mochamad Supriadi, Timnas Indonesia yang kecepatannya dalam menggocek bola sering ditakuti lawan. Kekuatan mental yang terbentuk dalam diri pemain asli Surabaya yang akrab dipanggil Supriadi melalui karakter positif atau disebut inner strength tak lepas dari peran dan dukungan orang tua Supriadi.

Bahkan, hanya dengan sepatu seharga 30.000 pemberian orang tuanya saja seorang anak ajaib dari Surabaya ini sanggup menggebrak dunia sepak bola dengan kecepatan dan kepiawaian bermain sepak bola. Coba kalau dulu orang tuanya tak mendukung potensi Supriadi, mungkin tak ada nama Supriadi yang pernah mengharumkan Indonesia lewat gol indahnya dalam piala AFF U-16 2018.

Inner strength yang dimiliki oleh Supriadi menjadi bukti bahwa sekecil apa pun peran orang tua sangat berarti untuk membentuk kekuatan mental anak yang muncul dalam bentuk karakter pemberani, baik hati, tangguh, dan percaya diri. Kisah hidup Supriadi yang inspiratif jadi pemantik bagi orang tua lainnya bahwa penting juga menumbuhkan inner strength anak lewat hobi yang mereka sukai, contohnya sepak bola.

Menumbuhkan inner strength anak pun juga ada strateginya agar bisa sukses seperti Supriadi. Layaknya proses stimulasi anak sejak dini untuk mendukung tumbuh kembang, menumbuhkan inner strength juga bisa dimulai sejak dini. Yuk, simak strategi parenting untuk menumbuhkan inner strength pada anak sejak dini!


Inner Strength, Kekuatan Baik dari Dalam untuk Membentuk Generasi Muda Berkarakter Kuat dan Positif

Inner strength merupakan kekuatan positif dari dalam diri setiap orang. Ketika inner strength diasah dan dilatih, akan membentuk kekuatan mental yang tercermin dalam setiap karakter diri." (Goleman, 2008; Lantieri, 2012).

Inner strength atau secara sederhana disebut sebagai kekuatan baik dari dalam sangat penting dalam tumbuh kembang anak selain prestasi akademis dan kekuatan fisik. Menurut Lantieri (2012), anak-anak bisa menyadari apa impian dalam hidupnya dan bagaimana cara untuk menggapai mimpi tersebut ketika dibekali dengan inner strength oleh orang tuanya.

Contohnya seperti Supriadi yang paham betul mimpinya sebagai seorang pemain sepak bola terkenal berkat dukungan dari orang tuanya. Supriadi bahkan berani dengan pergi ke Jakarta untuk mencari pendidikan sepak bola yang lebih baik di usianya yang tergolong sangat muda.

Peran Orang Tua Menumbuhkan Inner Strength Anak

Kalau anak diibaratkan sebagai tanaman berbunga, maka mereka hanya akan mekar dengan cantik saat tumbuh di tanah yang subur, dirawat dengan baik, dipupuk, dan dijaga selalu. Jadi, dirawat dari dalam dan diberi penjagaan dari luar. Begitulah kira-kira peran orang tua untuk menumbuhkan inner strength dalam diri anak. Tak hanya di bidang akademik, tapi juga non akademik.

  • Menyediakan komunikasi dua arah yang baik dengan anak
  • Mengenali minat dan bakat khusus yang dimiliki anak
  • Memberi kebebasan anak untuk eksplorasi selama masih dalam batas wajar
  • Mendorong anak bersosialisasi dengan teman di sekitarnya 
  • Memberikan satu paket kepercayaan dan tanggung jawab kepada anak saat ingin mencoba hal baru
  • Memberi arahan anak untuk menemukan kegiatan atau hal apa yang mereka sukai
  • Mendukung apa yang anak sukai selama hal positif, bermanfaat, dan tidak merugikan orang lain

Mengidentifikasi Kekuatan Baik Dari Dalam Anak yang Sudah Muncul Sejak Dini

Ada beberapa ciri anak yang sudah memiliki inner strength dalam proses tumbuh kembangnya, dirangkum dari Goleman (2008) seperti:

  • tumbuh sehat fisik dan psikis
  • senang berbuat baik kepada orang lain
  • bisa membedakan hal baik dan buruk
  • pantang menyerah
  • memiliki problem solving
  • rasa percaya diri yang tinggi
  • pribadi yang menyenangkan

Dari beberapa ciri tersebut, sebagai orang tua harus bisa mengidentifikasi inner strength atau kekuatan baik dari dalam anak yang mungkin sudah muncul sejak dini. Misalnya saja si kecil yang saat ini masih berusia 2,5 tahun. Observasinya memang agak susah karena usianya masih dini, tapi sebagai orang tua harus jeli dalam mengamati tumbuh kembang anak yang berhubungan dengan inner strength. Berikut ini contoh observasi dariku untuk perkembangan inner strength si kecil:

  • Memiliki problem solving: si kecil sudah bisa mencocokkan puzzle bergambar. Artinya, si kecil sudah bisa menyelesaikan masalah dalam puzzle bergambar.
  • Rasa percaya diri tinggi: si kecil berani memanjat atau melompat dari tempat yang lebih tinggi.
  • Pantang menyerah: si kecil yang berusaha memanjat tangga, meskipun beberapa kali harus berhenti karena merasa capek.


Sepak Bola, Salah Satu Olahraga untuk Menumbuhkan Inner Strength Anak

Tak hanya dari kegiatan akademik saja, inner strength juga bisa dibentuk dari kegiatan non akademik seperti sepak bola. Banyak contoh pemain sepak bola terkenal yang memiliki inner strength sangat kuat hingga jadi pribadi berkarakter pemberani, baik hati, tangguh, serta percaya diri seperti Mochamad Supriadi dan Christiano Ronaldo.

Supriadi Hingga Ronaldo, Inner Strength yang Tumbuh Kuat Lewat Sepak Bola

Hampir memiliki yang sama seperti Supriadi, pemain bintang Christiano Ronaldo juga berasal dari keluarga menengah ke bawah. Kehidupan Ronaldo juga tak jauh beda dengan Supriadi. Ronaldo tak begitu pintar dalam bidang akademik. Bahkan, Ronaldo juga pernah mengalami kejadian pahit dengan adanya oknum guru yang menghina mimpi Ronaldo untuk jadi pemain sepak bola terkenal.

Namun, dukungan dari orang tuanya menjadikan Ronaldo memiliki inner strength sangat kuat. Dia pun akhirnya berhasil membuktikan bahwa dia bisa jadi pemain sepak bola terkenal, bahkan terkaya di dunia.

Dari cerita Supriadi dan Ronaldo, sekecil apapun dukungan orang tua bisa membentuk inner strength anak melalui karakter sebagai berikut:

  1. Pemberani, dibuktikan dengan nekatnya Supriadi dan Ronaldo untuk fokus belajar sepak bola dibandingakan fokus dengan nilai akademik.
  2. Baik hati, dibuktikan dengan sifat Supriadi yang dikenal santun oleh para tetangganya di Surabaya. Ronaldo juga dikenal sosok yang suka mendonasikan kekayaannya untuk orang lain yang tidak mampu.
  3. Tangguh, dibuktikan dengan gaya permainan mereka yang cepat dan sangat ditakuti lawan.
  4. Percaya diri, dibuktikan dengan tercapainya mimpi mereka sebagai pemain sepak bola terkenal dan inspirasional.

Skill Disertai Karakter Kuat dan Positif, Rumus Menumbuhkan Inner Strength Anak

Cerita Supriadi dan Ronaldo juga membuktikan bahwa memiliki skill sepak bola saja tidak cukup untuk membawa mereka hingga ke titik ini. Saya rasa banyak orang yang sekadar punya skill untuk bermain sepak bola, tapi tak punya kesempatan yang sama seperti Supriadi atau Ronaldo.

Perlu karakter kuat dan positif untuk menghadapi segala tekanan atau tantangan dalam proses menggapai mimpi. Dengan kata lain, selain skill juga dibutuhkan karakter dalam diri anak yang kuat dan positif untuk menumbuhkan inner strength sejak usia dini.

Skill + karakter kuat dan positif= inner strength"

Sebagai ilustrasi, selain memfasilitasi anak yang suka sepak bola dengan mengikuti latihan sepak bola, sejak dini mereka juga harus dikenalkan dengan berbagai stimulasi untuk menumbuhkan karakter kuat dan positif. Contohnya bisa dengan memberikan anak masalah sederhana lewat permainan edukatif sesuai usia, menanamkan karakter lewat membaca nyaring, mengenalkan emosi sejak usia dini, dan lain-lain.


Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022, Perkuat Inner Strength Anak dengan Kualitas Profesional Setara Dunia

Salah satu cara untuk memperkuat inner strength anak lewat hobi bermain sepak bola adalah dengan mengikuti sekolah bola online BISKUAT ACADEMY 2022. Di tahun 2022, BISKUAT ACADEMY kembali hadir untuk mengembangkan skill sepak bola generasi muda sekaligus memperkuat inner strength anak yang tercermin lewat karakter berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh.

Senior Brand Manager Biskuat, Andhika J. Lestari menjelaskan bahwa Biskuat percaya anak dapat mengembangkan berbagai karakter kuat dan positif. Karakter tersebut digunakan sebagai bekal untuk interaksi baik dengan orang lain dan diri sendiri melalui olahraga sepak bola.

Komitmen Biskuat Cetak #GenerasiTiger: Berprestasi, Berkarakter Kuat, dan Positif 

Siapa yang tak kenal dengan Biskuat? Biskuit favorit anak dengan harga terjangkau untuk semua kalangan ini merupakan salah satu brand unggulan Mondelez Indonesia. Biskuat berbahan gandum dan susu dengan varian rasa original dan coklat ini mengandung 9 vitamin dan 6 mineral yang berguna untuk tumbuh kembang anak.

Biskuat Academy 2022

9 vitamin yang terkandung dalam biskuat yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, D, dan E. Sementara itu, 6 mineral yang terkandung dalam biskuat yaitu kalsium, magnesium, besi, fosfor, seng, dan yodium.

Biskuat juga memiliki tujuan mulia serta komitmen untuk menciptakan #GenerasiTiger, yaitu anak-anak yang berprestasi dan memiliki kekuatan baik dari dalam atau disebut inner strength yang tercermin dari karakter kuat dan positif anak.


BISKUAT ACADEMY 2022, Sekolah Bola Online dari Biskuat

Biskuat memiliki keyakinan bahwa setiap anak itu unik, memiliki potensi tak terbatas yang mungkin masih tersimpan dalam diri mereka. Oleh karena itu, melalui program BISKUAT ACADEMY 2022, Biskuat turut mendorong pencapaian prestasi anak di bidang non akademik, khususnya olahraga sepak bola.

BISKUAT ACADEMY merupakan sekolah bola online untuk seluruh anak Indonesia yang ingin mengasah skill bermain sepak bola disertai pengembangan inner strength atau kekuatan baik dari dalam anak. Di dalam BISKUAT ACADEMY, anak akan mendapat materi peningkatan skill sepak bola dari pelatih berlisensi UEFA A untuk mempersiapan anak jadi pemain sepak bola masa depan. Selain itu, anak bisa bertemu dengan pemain Timnas Indonesia sebagai motivasi.

Lebih jauh lagi, kegiatan BISKUAT ACADEMY juga didukung oleh KEMENPORA sejak tahun 2019. Dr. Raden Isnanta, M.Pd. selaku Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga menjelaskan:

Sejak tahun 2019 Kemenpora memberikan dukungan penuh kepada BISKUAT ACADEMY karena memiliki kesamaan visi dalam hal peningkatan prestasi olahraga dan persiapan generasi sepak bola masa depan Indonesia."

Lalu, pada tahun 2021 Kemendikbud dan Ristek juga turut memberikan dukungan pada program BISKUAT ACADEMY. Seperti dikutip dari konferensi pers BISKUAT ACADEMY 2022:

Sejak tahun 2021, Kemendikbud Ristek memberikan dukungannya kepada BISKUAT ACADEMY yang sejalan dengan visi dan misi Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek dalam mewujudkan pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong-royong, dan berkebinekaan global,” ungkap Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si. selaku Widyaprada Ahli Madya Kemendikbud dan Ristek.

Perjalanan BISKUAT ACADEMY 2019-2021

BISKUAT ACADEMY 2019

BISKUAT ACADEMY sudah memulai programnya sejak tahun 2019, saat itu dilakukan secara luring sebelum pandemi. Peserta total yang mengikuti sejak awal ada 9,6K. Rangkaian acaranya saat itu berupa lomba sepak bola dan latihan bersama pemain Timnas Indonesia. Kegiatan juga sudah didukung oleh KEMENPORA.

BISKUAT ACADEMY 2020

Pada BISKUAT ACADEMY 2020, kegiatan mulai dilakukan secara daring dengan total peserta 12k+. Di tahun 2020, rangkaian acara BISKUAT ACADEMY berupa sekolah bola online, press conference, dan adanya 3 bintang garuda sebagai ambassador yaitu Bambang Pamungkas, Evan Dimas, dan Rendy Juliansyah.

BISKUAT ACADEMY 2021

Rangkaian kegiatan BISKUAT ACADEMY 2021 dimulai dengansekolah bola online, visitasi sekolah oleh BISKUAT ACADEMY, dan grand prize hadiah latihan bersama kapten Timnas Indonesia, Evan DImas. Pada tahun ini peserta mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya, yaitu 24K+. 


Rangkaian Acara BISKUAT ACADEMY 2022

Pada tahun 2022 ini BISKUAT ACADEMY upgrade rangkaian kegiatan menjadi lebih berkelas dunia. Selain itu juga ada workshop guru olahraga dan tentunya grand prize yang ditawarkan tahun 2022 ini sangat luar biasa, yaitu tur stadion bola di Eropa.

Sekolah Bola Online Bersama Bintang Garuda

Rangkaian pertama dari program BISKUAT ACADEMY 2022 tentu saja sekolah bola online yang diisi oleh Bintang Garuda. Ada 3 tahapan yang akan dilalui peserta untuk kesempatan mendapat hadiah Grand Prize berupa tur stadion bola keliling Eropa.

1. Menyimak Materi Teknik Bola dari Bintang Garuda

Anak-anak kan mendapatkan materi secara online tentang teknik bermain bola dari Bintang Garuda dan kurikulum yang disusun oleh pelatih bersertifikasi UEFA A.

2. Upload Video Teknik Bola di Instagram

Anak akan diminta menunjukkan teknik bermain bola yang sudah dipelajari lewat video. Orang tua bisa membantu untuk merekam anak berlatih, lalu upload ke instagram. Sebelumnya bisa follow @biskuatindonesia, lalu tag @biskuatindonesia dan 3 teman anak. Sertakan juga tagar #BiskuatDukungMimpimu dan #BiskuatAcademy2022. Ceritakan juga dalam caption tentang apa kekuatan baik dari dalam diri anak dengan menarik dan feedback yang diperoleh setelah mengikuti BISKUAT ACADEMY 2022.

3. Grand Final

Video tersebut akan dinilai oleh tim BISKUAT ACADEMY 2022. Bagi anak-anak yang terpilih akan mendapatkan berbagai hadiah menarik dan hadiah utama berupa tur stadion bola ke Eropa.

Workshop Guru Olahraga

Pada tahun 2022, Biskuat ingin memberi gebrakan baru dengan mengadakan Workshop Guru Olahraga. Jadi tak hanya anak yang mendapat pengembangan potensi dari dalam, guru olahraga pun akan mendapat upgrade skill untuk mendidik anak bermain sepak bola secara terampil. Biskuat akan mendukung guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes) di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Pelatih Sekolah Sepak Bola lewat workshop.

School Visitation

Sama dengan program tahun lalu, di BISKUAT ACADEMY 2022 ini juga ada School Visitation.

Tur Stadion Bola di Eropa

Rangkaian BISKUAT ACADEMY 2022 akan ditutup dengan tur stadion bola di Eropa bersama anak-anak pemenang Grand Prize. Tentunya ini bisa menjadi motivasi kuat bagi anak-anak agar semangat menjalani kelas di BISKUAT ACADEMY 2022 dengan inner strength yang paling optimal.


Keuntungan Ikut BISKUAT ACADEMY 2022

Keuntungan atau benefit utama yang pasti didapatkan oleh anak saat mengikuti BISKUAT ACADEMY 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Didukung Kemenpora dan Kemendikbud Ristek
  2. Kesempatan menjajal kurikulum yang disusun oleh pelatih bersertifikat UEFA, Coach Timo Scheunemann
  3. Belajar langsung dari pemain Timnas Indonesia
  4. Kesempatan tur stadion di Eropa

Di samping itu, tentunya anak juga akan mendapat peningkatan skill sepak bola dan karakter positif anak tergantung dari bagaimana anak mengolah apa yang mereka terima. Secara tidak langsung anak juga telah menjadi #GenerasiTiger dengan karakter kuat dan positif. Beberapa skill dan pengembangan inner strength yang akana didapatkan anak adalah:

  • Upgrade skill sepak bola kelas dunia
  • Anak lebih berani menantang dirinya sendiri untuk jadi versi terbaiknya
  • Anak lebih percaya diri menunjukkan kesenangan dalam bermain sepak bola, serta skill yang sudah ia tingkatkan
  • Anak akan belajar tetap rendah hati dan berperilaku baik ketika menerima materi dari senior mereka di bidang olahraga sepak bola
  • Anak akan jadi sosok yang tangguh secara fisik dan mental lewat sistem reward yang diberikan oleh BISKUAT ACADEMY 2022. Bagi anak yang tidak berhasil memenangkan grand prize tentu akan ada resilien dalam dirinya untuk bangkit dari kegagalan. Sementara itu, anak yang menang akan mendapat tataran mental yang tangguh saat kellling Eropa.


Cara Mendaftar BISKUAT ACADEMY 2022

Cara mendaftar BISKUAT ACADEMY 2022 sangat mudah sekali lewat 2 tahap berikut ini:

1. Beli Biskuat Kemasan Khusus

Beli biskuat kemasan khusus di toko terdekat dengan ketentuan untuk mendaftar BISKUAT ACADEMY 2022 adalah:

  • Biskuat Jumbo1 bungkus
  • Biskuat B5000 1 bungkus
  • Biskuat B500 2 bungkus
  • Biskuat B1000 2 bungkus

2. Daftar Via Whatsapp

Temukan kode unik di balik kemasan dan validasi kode unik tersebut sesuai petunjuk daftar yang ada di kemasan ya. Setelah itu akan diberikan petunjuk akses ke sekolah bola online BISKUAT ACADEMY 2022. Cukup mudah, bukan?


Satu Kata Percaya dari Biskuat yang Bisa Membuka Jalan Mimpi Anak Indonesia 

Mengapa Biskuat percaya sampai segitunya dengan potensi tak terbatas dalam diri anak Indonesia?"

Pertanyaan di atas sempat hinggap di pikiranku saat membaca program BISKUAT ACADEMY 2022. Sebab, apa yang diberikan oleh Biskuat dalam BISKUAT ACADEMY 2022 bukan kaleng-kaleng. Level materi maupun pelatihannya sudah kelas dunia, lo.

Setelah saya kaji program BISKUAT ACADEMY 2022 secara lebih dalam, ada sebuah video inspirasional dari Biskuat tentang Coach Aji, sosok pelatih yang banyak mengantarkan anak Indonesia jadi pemain bola profesional. Melalui konferensi pers BISKUAT ACADEMY 2022, Coach Aji percaya bahwa banyak anak Indonesia berbakat tapi tak memiliki wadah untuk mengembangkan potensi dari dalam.

Dalam video tersebut bercerita tentang mimpi anak Indonesia jadi pemain sepak bola profesional yang hampir mati, tapi ada seorang pelatih yang membuka kembali jalan mimpi itu. Merinding saat melihat penggambaran video tentang bagaimana satu orang bisa membuat perubahan hanya dengan percaya bahwa anak selalu punya potensi tak terbatas dari dalam diri. Hal inilah yang menyebabkan Biskuat juga percaya 100% kalau setiap anak itu unik dan punya potensi tak terbatas dalam diri mereka, lantas berani membuat program BISKUAT ACADEMY.


Perkuat Inner Strength Anak Lewat BISKUAT ACADEMY 2022, Tuntun Anak Jadi #GenerasiTiger Berkarakter Kuat dan Positif

Setiap anak pasti punya potensi tak terbatas yang masih tersimpan dalam diri mereka masing-masing. Potensi tersebut hanya bisa dimanfaatkan secara maksimal jika anak dibekali dengan inner strength yang kuat. Ciri anak dengan inner strength kuat adalah kuatnya mental yang terlihat dari karakter pemberani, baik hati, percaya diri, dan tangguh.

BISKUAT ACADEMY 2022 merupakan salah satu jalan untuk memperkuat inner strength anak lewat bidang non akademik, yaitu olahraga sepak bola. Biskuat ingin menunjukkan bahwa tiap anak itu unik, bisa jadi potensi terbesar mereka justru ada di bidang non akademik. Maka, terciptalah program BISKUAT ACADEMY 2022 untuk mengakomodasi anak Indonesia yang berbakat di bidang sepak bola.

Buat Ayah dan Bunda yang buah hatinya memiliki minat dan bakat di bidang sepak bola, beri dukungan si kecil dengan mendaftarkannya ke BISKUAT ACADEMY 2022. Dengan begitu skill sepak bola si kecil akan berkembang dan inner strength si kecil juga akan semakin kuat yang terlihat dari karakter positif pemberani, baik hati, percaya diri, dan tangguh.


Referensi

  • Laman resmi Biskuat Academy https://www.biskuatacademy.com/
  • Goleman, D. (2008). Introduction to building emotional intelligence: Techniques for cultivating inner strength in children. Boulder: Sounds True.
  • Lantieri, L. (2012). Cultivating the Social, Emotional and Inner Lives of Children, pp. 70 - 82. Spain: FAROS Sant Joan de Déu Foundation

Terbaru Lebih lama

Related Posts

4 komentar

  1. Bagiku biskuat selalu dihati, walau sudah jarang makan. Tapi, rasanya masih kebayang. Nostalgia jaman kecil dulu biskuat selalu menemani hari²ku.

    BalasHapus
  2. Wih luar biasa ya. Harusnya, brand2 lain juga bikin program positif buat anak2 seperti ini. Supaya anak2 muda bangsa semakin berprestasi

    BalasHapus
  3. Inner strength itu memang tidak mudah untuk ditemukan, diperlukan kepekaan yang kuat sebagai orang tua. Dan kadang si anak memang butuh banyak inspirasi dari dirinya sendiri untuk menguatkan keyakinan akan inner strengthnya..
    Kaya Ronaldo yang merantau ke ibu kota sendirian di umur 11 tahun..
    BTW Biskuat ini memang terkenal banget bantu persepakbolaan muda Indonesia

    BalasHapus
  4. Terima kasih Biskuat yang berdedikasi untuk anak-anak bangsa agar bisa menyadari apa impian dalam hidupnya dan bagaimana cara untuk menggapai mimpi tersebut ketika dibekali dengan inner strength oleh orang tuanya.

    BalasHapus

Posting Komentar